Shoop Da Whoop Alternate Select -->

Rabu, 03 Oktober 2012

Teknik Dasar Futsal

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang "Teknik Dasar Futsal". Dalam olahraga futsal, ada beberapa teknik dasar, yaitu :
  1. Teknik Dasar Mengumpan (Passing)
  2. Teknik Dasar Menahan Bola (Control)
  3. Teknik Dasar Mengumpan Lambung (Chipping)
  4. Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) dan
  5. Teknik Dasar Menembak Bola (Shooting)
oke, saya akan bahas satu persatu tentang bagaimana caranya.


-Teknik Dasar Mengumpan (Passing)
  
          Passing merupakan salah satu teknik dasar olahraga futsal yang sangat di butuhkan setiap pemain. Di lapangan yang rata dan ukuran lapangan yang kecil dibutuhkan passing yang keras dan akurat, karena bola yang meluncur sejajar dengan tumit pemain. Ini disebabkan hampir sepanjang permainan futsal menggunakan passing. Untuk menguasai keterampilan passing, diperlukan penguasaan gerakan sehingga sasaran yang diinginkan tercapai.

cara agar passing kita akurat dan keras :

-Tempatkan kaki tumpu di samping bola, bukan kaki yang melakukan passing.

-Gunakan kaki bagian dalam untuk melakukan passing. Kunci atau kuatkan tumit agar saat bersentuhan dengan bola lebih kuat. Kaki dalam dari atas diarahkan ke tengah bola (jantung) dan ditekan ke bawah agar bola tidak melambung.

-Teruskan dengan gerakan lanjutan, yaitu setelah sentuhan dengan bola saat melakukan passing, ayunan kaki jangan di hentikan.

-Teknik Dasar Menahan Bola (Control)

          Teknik dasar dalam mengontrol bola haruslah menggunakan telapak kaki (sole). Dengan permukaan lapangan yang rata, bola akan bergulir cepat sehingga para pemain harus dapat mengontrol dengan baik. Apabila menahan bola jauh dari kaki, lawan akan mudah merebut bola.

cara mengontrol bola yang baik dan benar

-Selalu lihat dan jaga keseimbangan pada datangnya bola.

-Sentuh atau tahan dengan menggunakan telapak kaki (sole), agar bolanya diam tidak bergerak dan mudah dikuasai.

-Teknik Dasar Mengumpan Lambung (Chipping)
  
          Keterampilan chipping ini sering dilakukan dalam permainan futsal untuk mengumpan bola di belakang lawan atau dalam situasi lawan bertahan satu vs satu. Teknik ini hampir sama dengan passing. Perbedaannya terletak saat chipping menggunakan bagian atas ujung sepatu dan perkenaannya tepat di bawah bola.

cara chipping yang baik dan benar

-Tempatkan kaki tumpu di samping bola, bukan kai yang melakukan chipping.

-Gunakan ujung sepatu yang diarahkan ke bagian bawah bola agar bola melambung.

-Teruskan dengan gerakan lanjutan. Setelah sentuhan dengan bola dalam melakukan chipping. Ayunan kaki jangan dihentikan.

-Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)

           Teknik dribbling merupakan keterampilan penting dan mutlak harus dikuasai oleh setiap pemain futsal. Dribbling merupakan kemampuan yang dimiliki setiap pemain dalam menguasai bola sebelum diberikan kepada temannya untuk menciptakan peluang dalam mencetak gol.

cara dribbling yang baik dan benar

-Kuasai bola seta jaga jarak dengan lawan.

-Jaga Keseimbangan badan pada saat dribbling.

-Fokuskan pandangan setiap kali bersentuhan dengan bola.

-Sentuhan bola harus menggunakan telapak kaki secara berkesinambungan.

-Teknik Dasar Menembak (Shooting)

          Shooting merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik ini merupakan cara untuk menciptakan gol. Ini disebabkan seluruh pemain memiliki kesempatan untuk menciptakan gol dan memenagkan pertandingan atau permainan. Shooting dapat dibagi menjadi dua teknik, yaitu shooting menggunakan punggung kaki dan ujung sepatu atau ujung kaki.
1. Cara shooting menggunakan punggung kaki

-Tempatkan kaki tumpu di samping bola dengan jari-jari kaki lurus menghadap arah gawang, bukan kaki yang untuk menendang.

-Gunakan bagian punggung kaki untuk melakukan shooting. Konsentrasikan pandangan ke arah bola tepat di tengah-tengah bola pada saat punggung kaki menyentuh bola.

-Kunci atau kuatkan tumit agar saat sentuhan dengan bola lebih kuat.

2. Cara shooting menggunakan ujung kaki atau ujung sepatu

-Posisi badan agak dicondongkan ke depan. Apabila badan tidak dicondongkan, kemungkinan besar perkenaan bola bagian bawah dan bola akan melambung tinggi.

-Teknik shooting dengan menggunakan ujung sepatu atau ujung kaki sama halnya dengan shooting menggunakan punggung kaki, hanya bedanya pada saat melakukan shooting perkenaan kaki tepat diujung sepatu atau ujuung kaki.

-Teruskan dengan gerakan lanjutan, setelah sentuhan dengan bola dalam melakukan shooting. ayunan kaki jangan diberhentikan.
 
Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian semua. :)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Elmo Sesame Street