Shoop Da Whoop Alternate Select -->

Minggu, 23 November 2014

tugas dan fungsi 7 peranan pembuatan suatu project

1.                  PROJECT MANAGER

Hal utama yang harus dilakukan oleh Project Manager adalah berhubungan langsung dengan tim proyek untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan laporan mengenai rencana dan program ada kepada user, manajer tingkat atas dan kepada siapa saja yang memerlukan.

Tanggung Jawab Project Manager Secara Khusus Dalam Setiap Fase:

1. Definisi (Definition)
Project Manager adalah orang yang mengatur diambil atau tidaknya keputusan.

2. Analisis (Analysis)
          Project Manager harus membuat beberapa bagian mengenai spesifikasi fungsional penerimaan jaminan dan semuanya tentang pengaruh sistem yang baru dalam lingkungan user.

3. Disain (Design)
          Seorang Project Manager menyusun pertemuan secara rutin dan menerbitkan sebuah laporan harian

4. Pemrograman (programming)
Pada tahap ini banyak melibatkan orang dengan segala bentuk permasalahannya.

5. Sistem integrasi dan Tes (system integration And Test)
Pada tahap ini seorang Project Manager harus bisa menjaga keutuhan perusahaan.

6. Penerimaan (Acceptance)
          Project Manager menjadwalkan waktu, fasilitas dan sumber - sumber yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem dan memastikan user menanda tangani perjanjian.

7. Operasi (Operation)
          Project Manager harus memastikan bahwa dukungan teknik yang ditampilkan sebelumnya tersedia dan user puas dengan sistem operasional.



Peran dari seorang Project Manager

          Seorang project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis sifatnya. Bagaimana layaknya seorang project manager harus mempunyai kemampuan membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget dengan membuat bar chart & critical path serta mempunyai kemampuan analisis resiko yang baik.
Berikut kita jabarkan peran dari seorang project manager dari 3 sudut pandang :
1.      Tanggung Jawab yang dimiliki seorang Project Manager
2.      Tantangan yang akan dihadapi seorang Project Manager
3.      Skill yang di butuhkan seorang Project Manager

Tanggung Jawab seorang Project Manager
Tanggung Jawab seorang Project Manager terdiri dari 4 (empat) cakupan antara lain :
1.      Proyek
2.      Organisasi
3.      Tim Kerja
4.      Project Manager itu sendiri

2.                  SISTEM ANALIS

Analis sistem(system analyst) adalah orang yang menganalisis sistem (mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menetukan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem) untuk mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan. Sebutan lain untuk analis sistem ini adalah analis informasi (information analyst), analis bisnis (business analyst), perancang sistem (system designer), konsultan sistem (system consultant) dan ahli teknik sistem (system engineer).
Berdasarkan tugas dan tanggung jawab, sistem analis bertanggung jawab atas sistem secara keseluruhan, jadi tidak hanya pembuatan program komputer melainkan aplikasinya juga, sedangkan pembuatan program yg menjadi tugas sistem analisis ini melipui pemecahan masalah secara garis besar, dan sistem analisis ini berhubungan dengan bayak orang, jadi harus memiliki softskill yg bagus juga

3.                  PROGRAMMER

Programmer adalah orang yg membuat / menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman yg telah dibuat rancangannya oleh sistem analis, programmer tentunya harus ahli di bidang teknologi komputer.
Programmer hanya bertanggung jawab pada pembuatan program, tugas programmer sifatnya teknis, dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instrusi program, jadi tidak langsung berhubungan dengan pengguna, programmer hanya berhubungan dengan sesama programmer dan sistem analis. Pengetahuan yg harus dikuasai oleh programmer terbaras pada teknologi sistem komputer, utilitas dan tentunya bahasa-bahasa pemrograman.

4.                  NETWORK ENGINEER

Network engineer adalah orang yg memiliki tugas untuk mengawasi atau melakukan instalasi, meakukan konfigurasi dan melakukan pemeliharaan sistem informasi dan jaringan.
Tugas dan tanggung jawab engineer
A.                 Melakukan instalasi, konfigurasi, dan perawatan layanan jaringan (network services) dan perangkat jaringan.
B.                 Mendukung fungsi administratif pada penggunaan perangkat jaringan.
C.                 Mengatur protokol untuk pencadangan (backup) atau restorasi (restore) didalam sistem.
D.                 Merencanakan dan memberikan dukungan untuk implementasi infrastruktur jaringan komputer.
E.                 Melakukan perbaikan (troubleshooting) atau analisis terhadap server, komputer kerja (workstations) dan semua yang berkaitan dengan hal tersebut.
F.                  Mendokumentasikan permasalahan-permasalahan yang terjadi didalam jaringan untuk referensi dimasa yang akan datang.
G.                 Memonitor kinerja sistem dan dapat mengimplementasikan performance tuning.
H.                Mengatur akun pengguna (users account), izin pengguna (users permission), serta implementasi firewall, dan sistem keamanan.
I.                   Memperhatikan aspek keamanan pada aplikasi dan jaringan.

5.                  FUNGSIONAL
Fungsional yaitu orang yang melakukan pengecekan terhadap project yang telah selesai baik dengan melakukan testing  maupun melakukan penulisan.
Tugas fungsional
1.       Project character (penulisan)
2.      Blue Print (diagram)
3.      Functional defination
4.      CHQA (testing)
5.      HQDOC (penyerahan tugas)

6.             WEB DESIGN

Web Design adalah jenis desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi Internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen high-end dan kualitas estetika. Definisi yang ditawarkan memisahkan desain web dari pemrograman web, menekankan fitur fungsional dari sebuah situs web, serta desain posisi web sebagai semacam desain grafis.
fungsi
Sebelum men-design , sebaiknya kita mngetahui dan memahami beberapa fungsi situs web agar design yang dibuat sesuai dengan fungsi situs web.Secara umum fungsi situs web adalah sebagai berikut:
1. Fungsi Komunikasi
Situs web tang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis.Karena dibuat menggunakan pemrograman web(server side) maka dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.
2. Fungsi Informasi
·          Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini mnyampaikan isinya
·          Sebaiknya berisi teks dan grafik
·         Fasilitas yang memberikan fungsi informasi,news,file,company,library,prefences dll.
3. Fungsi Entertainment
Sebagai sarana hiburan/penggunaan animasi gambar dan element bergerak dapatmeningkatkan mutu persentasi design,meski tetap harus mempertimbangkan kecepatandownloadnya.Contoh fungsi Entertaiment: game online,film online,music online dll.4.
4.Fungsi Transaksi
Situs web dapat dijadikan transaksi bisnis baik barang jasa,dll.situs web menghubungkanperusahaan konsumen dan komunitas tertentu melalui sarana elektronik.Pembayarannyabisa memudahkan kartu kredit,transfer atauupun membayar langsung.

tujuan
untuk membuat situs web atau dokumen elektronik dan aplikasi yang berada pada web server dan menampilkan konten dan fitur antarmuka interaktif kepada pengguna akhir dalam bentuk halaman Web. Seperti unsur-unsur teks, gambar (gif, jpeg) untuk ditempatkan pada halaman menggunakan HTML / XHTML / tag XML. Menampilkan media yang lebih kompleks (vektor grafis, animasi, video, suara) membutuhkan plug-in seperti Adobe Flash, QuickTime, Java run-time dan lain-lain. Plug-in juga dimasukkan ke dalam halaman web dengan menggunakan HTML / tag XHTML.
Perbaikan sesuai browser dengan standar W3C diminta penerimaan luas dan penggunaan XHTML / XML bersama dengan Cascading Style Sheets (CSS) untuk posisi dan memanipulasi unsur-unsur halaman web dan objek. Kemampuan browser untuk mengirimkan berbagai konten dan pilihan aksesibilitas kepada klien tanpa menggunakan plug-in.
Dengan spesialisasi yang tumbuh di bidang teknologi informasi ada kecenderungan kuat untuk membedakan antara desain web (web design) dan pengembangan web (web development).

7.             DATABASE ADMIN

          Data Administrator merupakan sistem yang terdiri dari kumpulan file atau label yang saling berhubungan dan memungkinkan beberapa pemakai mengakses dan memanipulasinya. Sistem basis data juga merupakan salah satu sistem yang menyususn dan mengelola data organisasi perusahaan, sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan oleh pemakai. Istilah sistem basis data merupakan lingkup yang lebih luas daripada basis data.

Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Elmo Sesame Street