Shoop Da Whoop Alternate Select -->

Kamis, 26 Desember 2013

New Media in Everyday Life


New Media in Everyday Life
 
            Media baru (bahasa Inggris: new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.
            Media baru sebenarnya merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin. Namun jika di lihat dari sudut pandang harfiah, media mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu  yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepadaa penerimaan informasi yakni kita-kita ini.
            Dengan adanya internet, aktivitas manusia seakan-akan berjalan dengan sangat mudah dan transparan. Di dalam internet hampir seluruh aktivitas dapat kita lakukan. Ingin bekerja mencari uang, e-commerce sudah mulai berkembang dengan baik sekarang ini. Ingin mencari teman baik teman lama ataupun teman baru, banyak situs jejaring sosial saat ini yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk menjalin pertemanan. Apabila kita ingin mencari informasi tentang sesuatu, browser-browser yang ada dapat memberikan jawaban dengan lengkap.  Masih banyak hal lain yang dapat kita temukan dan semuanya itu ada di dalam Internet.

            Contoh dari media baru dalam komunikasi adalah e-mail, blog, rss feed dll.
nilah media-media baru yang dapat kita manfaatkan kegunaannya tentu dengan cara yang benar dan niat yang baik. Sebenarnya masih ada beberapa jenis media baru lainnya yang berhubungan dengan e-commerce, e-marketing, dan lain-lain. Akan tetapi dalam komunikasi, jenis media baru diatas yang lebih berhubungan dan membantu alur informasi komunikasi.  
          Media baru yang ditawarkan dunia saat ini memang sangat menggiurkan masyarakat. Sampai-sampai dengan adanya media internet dapat membentuk sebuah komunitas baru yang disebut komunitas maya. Manusia tidak lagi hanya hidup di dunia nyata tetapi mereka juga memiliki kehidupan lain yang bersifat maya. Untuk itu, sebagai pengguna fasilitas maya yang baik, ada baiknya apabila kita dapat mengambil dan menggunakan fasilitas yang disediakan dengan jujur dan bertanggung jawab sehingga tidak muncul hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu terbuka dan bebasnya dunia internet sehingga bukan hanya hal-hal yang baik yang ada di dalamnya, bahkan hal buruk pun dapat kita temukan di sana karena internet mengetahui segala hal, mau hal baik atau hal buruk sekalipun. 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
e-book new media : a critical introduction
http://kapita-fikom-915080084.blogspot.com/2011/05/media-baru-dalam-komunikasi.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Elmo Sesame Street