Shoop Da Whoop Alternate Select -->

Jumat, 04 April 2014

Teknologi Intenet dan Perkembangannya



Sejarah Internet

Pengertian Internet dan Sejarah Internet – Menurut tata bahasa internet berasal dari bahasa yunani “inter” yang berarti “antara”. Sementara itu menurut situs Wikipedia internet merupakan singkatan dari interconnection-networking yang merupakan sistem jaringan yang menghubungkan tiap-tiap komputer secara global di seluruh penjuru dunia. Koneksi yang menghubungkan masing masing komputer tersebut memiliki standar yang digunakan yang disebut Internet Protocol Suite disingkat TCP/IP. Komputer yang terhubung ke internet akan memiliki kemampuan melakukan pertukaran data dengan sangat cepat.

1969 – Cikal bakal internet pertama kali diprakarsai sebuah proyek ARPA yang juga dikenal sebagai ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek tersebut menunjukan bahwa dengan memanfaatkan sitem dan software berbasis UNIX komunikasi bisa dilakukan tanpa batas jarak melalui jaringan telpon. Seiring perkembangan proyek tersebut munculah cikal bakal TCP/IP yang kita gunnakan saat ini. Perkembangan rancangan pun semakin mengarah ke arah positif, internet yang sebelumnya dirancang untuk kebutuhan militer lama kelamaan pun mulai dikembangan untuk keperluan pendidikan dan umum.

1972 – Roy Tomlinson akhirnya berhasil menyempurnakan sebuah program e-mail yang dirancang untuk ARPANET. Karena kemudahanya, program e-mail pun langsung populer di masa itu. Disusl juga kemunculan icon @ yang mewakili lambang penting sebagai indikasi “at” atau “pada”.


1973 – Di tahun ini, perkembangan jaringan ARPANET mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Komputer pertama yang menjadi anggota dan menggunakan jaringan ARPANET adalah komputer University College di London. Tak lama kemudian dua hali komputer Vinton Cerf dan Bob Kahn mepresentasikan gagasan internet yang lebih besar di Universitas Sussex yang akhirnya menjadi cikal bakal berkembangnya Internet seperti sekarang ini.

1976 – Tepatnya tanggal 26 Maret menjadi hari bersejarah dalam perkembangan internet ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Perkembangan internet pun semakin cepat, dalam kurun waktu 1 tahun setelah itu telah ada lebih dari 100 komputer yang bergabung dan menggunakan jaringanARPANET sehingga terbentuklah jaringan network.

1979 – Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin berhasil mencipatakan newsgroup pertama dengan nama USENET.

1981 – France Telecom membuat sebuah gebrakan di dunia teknologi saat itu dengan meluncurkan telepon televisi pertama yang memberikan kemudahan orang-orang untuk bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

1990 – Adalah tahun bersejarah dimana muncul program editor dan browser yang ditemukan oleh Tim Berners Lee.  Program tersebut memberikan kemampuan bagi pengguna untuk menjelajah jaringan komputer yang terhubung. Nah, program tersebut yang akhirnya diberi nama www atau Worl Wide Web seperti sekarang ini.

1992 – Meningkatnya komputer tersambung dan membentuk jaringan di tahun itu mecapai sejuta komputer. Sehingga pada thun tersebut muncul istilah keren yaitu surfing the internet.

1994 – Di tahun tersebut situs internet sudah berkembang dan tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. Di tahun itu pula muncul virtual-shopping atau e-retail di dunia internet. Bukan itu saja, 1994 juga lahirnya situs Yahoo! yang melahirkan Netscape Navigator 1.0. Dimana memungkinkan komputer berinteraksi dengan pengguna komputer lainya secara global seperti yang kita gunakan seperti sekarang ini.


Fasilitas di Internet

Apa yang bisa kita lakukan di Internet ? Banyak. Berikut ini beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet, antara lain :
  1. Electronic Mail atau e-mail
  2. Discussion Groups
  3. FTP
  4. Telnet
  5. Gopher
  6. World Wide Web

1. Electronic Mail atau e-mail.

Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.
contoh alamat email : duik@peter.petra.ac.id, steam2002@hotpop.com

2. Discussion Group.

Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.
-Maling List.
Mailing List atau sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, adalah salah satu jenis discussion group di Internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Setiap email yang masuk kemudian akan dikirim balik ke setiap member milis tersebut. Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim email ke subsription address. Setelah menjadi member kita bisa menerima email dari yang lain dan juga mengirimkan email ke milis. Contoh alamat milis list address :dgweb@yahoogroups.com langganan : dgweb-subscribe@yahoogroups.com berhenti : dgweb-unsubscribe@yahoogroups.com
-Newsgroups.
Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya. contoh newsgroup : rec.arts.cinema rec adalah topik utama, arts adalah subtopik dan cinema sub-subtopik.

3. FTP

FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.

4. Telnet

Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.

5. Gopher

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

6. World Wide Web

WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).




Piranti Pendukung Internet

1.    Hardware
a)        Komputer Server : merupakan inti sebuah LAN, Hard disk server diusahakan berkapasitas besar .
b)        Workstation : adalah jaringan PC biasa yang menjalankan sistem operasi masing-masing.
c)        Modem (Modulator Demodulator) : alat komunikasi dua arah , menyampaikan data melalui sinyal, lalu   diubah menjadi sinyal analog.
d)   Kartu Jaringan : sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan ari komputer ke sebuah jaringan komputer.
e)        Wifi : sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel.
f)         Hub : alat penghubung antar komputer & digunakan untuk sebuah jaringan sederhana.
g)        Router : alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan yang berbeda.
h)        Switch : alat penyaring dan melewatkan paket data yang ada di sebuah LAN.
i)        Bridge : media expander untuk menambahkan jangkauan dari sebuah jaringan LAN dan menghubungkan dengan jaringan yang lain pada lokasi yang berbeda.
j)          Gateway : peralatan yang menyediakan jalur (path) ke jaringan tetangga/internet.
k)       Konektor : menghubungkan antar kabel dan menghubungkan kabel dengan perangkat jaringan yang lain.
l)          Kabel
m)    Access Point : bertindak untuk menghubungkan sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan karingan wireless.

2. Software
a)        Sistem Operasi : dipakai sebagai basis jaringan juga menentukan dalam tahap proses instalasi.
b)  Driver : suatu perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menginstal komponen hardware sehingga komponen tersebut dikenali oleh sistem operasi yang terpasang di sebuah hardware.
c)        Browser
d)       Soft Skill Administrator : Keterampilan orang yang mengendalikan/mengatur perangkat keras dan lunak komputer yang saling terhubung tersebut.




Web dan Internet (Hubungan)

Internet
Adalah jaringan fisik yang menghubungkan banyak komputer dan menggunakan protokol yang sama untuk berbagi informasi.

World Wide Web
Kumpulan dokumen-dokumen yang terhubung dan disimpan di internet dan diakses dengan menggunakan protokol HTTP.

HTTP
HTTP (HyperText Tranfer Protocol) adlah protokol utamam World Wide Web yang mengatur format data dan pertukaran data antara server dengan client. Defaultnya menggunakan port 80.

Hubungan Web dengan Internet

Web tidak sama dengan Internet, karena Internet itu sebagai Hardwarenya, dan Web itu sebagai Softwarenya. Web adalah salah satu aplikasi yang berjalan di internet.
Dokumen di Web biasanya ditulis dalam format HTML dan diletakkan di dalam server, dan bisa diakses menggunakan web browser.

HTML
HTML yaitu bahasa untuk membangun sebuah halaman web gratis. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1989 oleh Tim Berners Lee dan telah menjadi standart penulisan web oleh W3C (World Wide Web Consortium) sejak tahun 1996. Bahasa ini disebut hypertext karena halaman webnya lebih dari sekedar teks.

Halaman Web
Halaman web ada dua jenis, yaitu :
- Halaman Web Statis : dibuat menggunakan client side programming language. Pemeliharaannnya relatif sulit.
- Halaman Web Dinamis : dibuat menggunakan server side programming language. Pemeliharaannya lebih mudah.
Pemrograman Web :
- Client Side Programming
Membentuk halaman web statis. Contohnya HTML, Javascript.
- Server Side Programming
Membentuk halaman web dinamis. Contohnya ASP, PHP, JSP.
Scriptnya harus ditaruh di dalam web server. Contoh web server : IIS, PWS, Apache, Xitami.



Dampak Negatif Internet Dalam Berbagai Aspek

1.      Terhadap kehidupan sosial dan politik 
 a)      Internet secara eksplisit menjalar dan secara implisit menyebarkan nilai-nilai demokrasi liberal ala barat. 
b)      Dampak negatif  internet dapat mendegradasi dan menolak negara, partai politik dan pemerintahan yang memiliki ideologi yang berbeda dari orang-orang barat.
c)      Internet dapat digunakan sebagai alat untuk menyerang kedaulatan nasional dan mengganggu urusan internal negara lain.
2.      Terhadap moral dan budaya
a)      Dampak negatif internet terhadap nilai budaya yang luhur telah luntur karena internet menjadi pendukung gaya hidup barat. Website menampilkan berbagai aspek dari masyarakat barat dan kehidupan mayoritas dari mereka.
b)      Internet membantu dominasi nbudaya dan menghomogenkan budaya dalam posisi inferior.
c)      Dampak negatif internet dapat merusak pikiran orang dan mempengaruhi perspektif moral dan perubahan nilai-nilai etis masyarakat.
3.     Terhadap ancaman keamanan 
a)      Keamanan jaringan komputer menjadi rentang terhadap invasi. Cyber Crime adalah jenis tindak kejahatan di internet mulai bermunculan dan beraksi. 
b)      Dampak negatif internet memudahkan kehilangan dan kebocoran rahasia. Karena kebebasan karyawan untuk mengirim dan menerima surat elektronik, kebocoran rahasia menjadi sangat mudah pada saat ini. 
c)      Internet dapat menimbulkan potensi ancaman perang informasi. Beberapa negara telah menerapkan internet ke dalam operasi militer, telah melakukan semacam tiruan serangan terhadap negara-negara lain, jaringan telah direkayasa dengan informasi yang menipu dan berbahaya bagi militer negara-negara lain.
d)     Dampak negatif internet dapat memberi keleluasaan pelaku kejahatan dunia maya. Internet global telah memberikan wawasan yang lebih luas dan sarana teknis yang lebih banyak untuk melakukan kejahatan komputer.

Dampak Positif Internet Dalam Berbagai Aspek

a)      Dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi bagi para penggunanya di seluruh dunia. Internet dapat digunakan setiap pengguna lainnya di belahan dunia manapun. 
b)      Dapat digunakan sebagai media untuk saling berukar data dari seluruh wilayah di dunia. Internet memudahkan penggunanya bertukar data dalam bentuk gambar ataupun tulisan. Pertukaran data tersebut dapat dilakukan melalui fasilitas email ataupun fasilitas internet yang lain. 
c)   Dapat digunakan sebagai media untuk memperoleh wawasan dan tambahan ilmu pengetahuan tentang banyak hal. Para penggunanya di seluruh dunia dimudahkannya, sehingga proses pertukaran informasi dapat berlangsung secara cepat dan murah. Selain itu, informasi yang diberikan didalamnya dapat dikategorikan valid dan sesuai dengan yang diharapkan pencarinya. Informasi tersebut dapat mencakup berbagai bidang kehidupan, baik pendidikan, kebudayaan, teknologi, budaya dan sebagainya.  


Kesimpulan :

Berdasarkan postingan diatas, kita dapat belajar mengenai sejarah internet. Internet pertama kali dikenal dengan ARPANET pada tahun 1969. Ada beberapa fasilitas di internet yang dapat kita ketahui antara lain adalah : Electronic Mail atau E-mail, Discussion Groups, FTP, Telnet, Ghoper, dan World Wide Web atau WWW. Internet juga memerlukan komponen pendukung, dalam komponen pendukung internet dibagi menjadi 2 yaitu hardware dan software. Lalu terdapat hubungan antara internet dan web yaitu Web tidak sama dengan Internet, karena Internet itu sebagai Hardwarenya, dan Web itu sebagai Softwarenya. Web adalah salah satu aplikasi yang berjalan di internet. Dokumen di Web biasanya ditulis dalam format HTML dan diletakkan di dalam server, dan bisa diakses menggunakan web browser. Internet juga mempunyai dampak di berbagai aspek, ada dampak positif dan juga negatif. Internet dapat sangat bermanfaat jika penggunaannya sesuai kondisi atau diwaktu yang tepat, tetapi internet juga dapat disalahgunakan oleh beberapa oknum untuk tindak kejahatan. Jadi pergunakanlah internet sesuai kebutuhan, sesuai manfaat dan sesuai hukum ITE agar internet tidak disalahgunakan.
 
Sumber : 
 
http://www.likethisya.com/pengertian-internet.html
http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.html
http://handuk-mandi.blogspot.com/2009/08/perangkat-pendukung-koneksi-internet.html
http://sebuahpelajaran.wordpress.com/2012/12/08/internet-dan-web/
http://www.anneahira.com/pengaruh-internet.htm

http://www.jaringankomputer.org/dampak-internet-dampakpositif-dampak-negatif-internet/ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Elmo Sesame Street