Shoop Da Whoop Alternate Select -->

Jumat, 26 Juni 2015

Tugas Softskill

Apa yang dilakukan selama satu semester ini?

          Yang saya lakukan pada satu semester ini adalah belajar cara membuat game, sehubungan dengan mata kuliah softskill yang bermaterikan pengantar teknologi game. Selain membuat game, saya juga membuat tugas teori yang nantinya akan di upload diblog saya, tugas yang pertama yaitu mencari tentang perkembangan sejarah game dari awal sampe sekarang. Sejarah game telah melalui beberapa generasi, dimana pada generasi pertama ada Magnavox Odyssey yg merupakan konsol videogame pertama di dunia yaitu pada Mei 1972. Lalu ada generasi kedua dimana pada generasi ini disebut juga era 8 bit, pada generasi kedua ini konsol gamenya bernama ATARI, sebuah konsol game yang ada pada tahun 1976.

          Lalu pada generasi ketiga, yang dimulai pada tahun 1983 dipasarkannya Jepang Family Computer atau biasa disebut FAMICOM yang kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertaiment System di seluruh dunia. Pada generasi ini juga terjadi perang konsol game yang pertama antaraperusahaan konsol Nintendo dan SEGA. Lalu pada generasi keempat dimana konsol sudah 16-bit, dan perusahaan konsol SEGA resmi merilis game yang menjadi maskotnya yaitu Sonic The Hedgehog pada tahun 1991.


          Lalu pada generasi kelima dimana sudah menjadi era 32-bt dan 64-bit diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertaiment Expo (E3). Pada generasi  kelima ini Sony merilis Sony Playstation pada tahun 1995, diikuti dengan Nintendo 64 pada tahun 1966. Pada generasi ini pun SEGA merilis SEGA saturn sebuah konsol game yg berbasi CD-ROM dan memiliki delapan prosesor.

          Lalu pada generasi keenam SEGA meluncurkan konsol terakhirnya, pada tahun 1999 yaitu Dreamcast, konsol ini memiliki fitur game online dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Pada tahun 2001. Sony mengeluarkan PS2. Diikuti dengan Nintendo dengan GameCube-nya. Pada era ini Nintendo mengeluarkan dua konsol yaitu Gameboy Advanced dan Nintendo DS.

          Lalu ada generasi ketujuh, pada generasi ini Microsoft mengeluarkan Xbox 360, sementar Sony dengan PS3 dan Nintendo mengeluarkan Nintendo Wii. Ketiganya merupakan konsol tercanggih karena memiliki grafis  3D yang sangat real, pada generasi ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer seperti wifi dan koneksi internet.

          Lalu ada generasi delapan, dimana mulai dari munculnya Nintendo Wii U pada tahun 2012 lalu ada PlayStation 4 yang secara resmi diumumkan pada tanggal 20 Februari 2013. Lalu dari Microsoft juga mengumumkan penerus Xbox 360 yaitu XboxOne pada tanggal 21 Mei 2013.

Apa kendala yang ditemui pada satu semester ini ?

          Kendala yang saya temui pada satu semester ini adalah masalah waktu untuk pembuatan game RPG yang dijadikan sebagai tugas softskill ini. Lalu kendala dalam tugas mata kuliah lain dan kendala dalam pembuatan Penulisan Ilmiah. Kendala dalam pembuatan game ada banyak sekali, contohnya waktu dalam pembuatan, alur untuk gamenya, dan lain lain. Untuk waktu pembuatannya memang dikasih waktu yang cukup lama, sekitar  2 bulan, tetapi yang menjadi masalah itu pada pembagian tugas masing masing mahasiswa untuk melakukan pekerjaannya.

          Lalu pada alur cerita bagian tersulitnya adalah menentukan tema yang kita inginkan untuk dijadikan sebuah storyboard. Ada banyak ide yang diberikan oleh teman teman tapi hanya sedikit yang dapat dijadikan sebagai sebuah tema. Permasalahan terakhir adalah sedikitnya tenaga kerja yang membuat game tersebut, karena di kelas hanya beberapa orang yang dapat membuat game.


Apa yang bisa atau kamu lakukan kedepanya ?

          Yang akan saya lakukan kedepannya yaitu berdo’a dan berusaha semampu saya dalam menjalani hidup ini. Karena berdo’a tanpa usaha itu bohong dan berusaha tanpa do’a itu sombong. Yang artinya kita tidak mungkin dapat melakukan atau mencapai sesuatu hanya dengan berdo’a saja tanpa usaha, ataupun berusaha saja tanpa do’a. Jadi, saya hanya akan berusaha semampu saya untuk ke depannya dan akan tetap berkomunikasi dengan teman-teman saya untuk tetap saling membantu dan saling menjaga tali silaturahim.

         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Elmo Sesame Street